Ternyata Rasa Sedih Ngasih Efek Positif Ke Otak Kita

Kesedihan adalah suatu emosi yang biasanya ditandai oleh perasaan nggak beruntunh, kehilangan dan juga putus asa. Pas kita sedih biasanya kita bisa jadi lebih diam, nggak bersemangat dan menarik diri dari lingkungan. Tapi tau nggak sih kalo ada dampak-dampak positif pas kita ngerasain sedih.

 

1. NINGKATIN KEMAMPUAN MEMORI

Kemampuan mengingat sesuatu bisa keganggu sama informasi lainnya, sehingga kita cenderung mengingat lebih sedikit. Tapi menurut sebuah percobaan hal itu bisa berkurang pas kita lagi ngerasain emosi negatif. Jadi ternyata bisa aja lho daya ingat kita meningkat waktu kita lagi punya perasaan sedih.

 

2. KEMAMPUAN KOMUNIKASI YANG MENINGKAT

Katanya seseorang bisa lebih memperhatikan detail dan lebih peka sama apa yang lagi dibicarain itu ketika lagi sedih atau  bad mood. Emosi negatif yang dirasain ngedorong orang itu buat ngegunain opini yang persuasif dalam meyakinkan orang lain. Selain itu orang yang lagi  bad mood  lebih bisa mengerti hal-hal yang ambigu.

 

3. BIKIN KITA LEBIH FOKUS

Pernah nggak ngerasa pas kita lagi bad mood kita jadi lebih fokus?  Nah dilansir dari hellosehat.com  bad mood  bisa ningkatin kemampuan kita buat fokus terhadap masalah atau situasi yang lagi dihadapin. Selain itu hal kaya gini juga bisa mendorong jadi lebih baik buat berpikir kritis dalam memecahkan sebuah masalah.

 

4. MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG LEBIH BAIK

Sedih biasanya disebapin sama kekhawatiran sama kegagalan di masa lalu. Karena kekhawatiran tersebut kita jadi bisa ngambil pelajaran tentang apa yang harus kita lakukan dan kita hindari. Jadi di saat-saat kita lagi sedih kita lebih mudah buat ngambil keputusan untuk hidup kita ke depannya.

 

5. MEMOTIVASI

Karena kita udah ngerasain hal yang susah sampe bikin kita sedih. Biasanya kesedihan kita bisa tergantikan karena akhirnya kita ngerasa buat bangkit. Apalagi kalo kita punya motivasi buat mulai mengubah semua kejadian yang nggak enak tersebut.

 

6. KATALIS

Rasa takut dan sedih merupakan hal dan reaksi wajar yang dirasain sama setiap manusia. Rasa sedih dan takut merupakan cara melindungi diri dari bahaya, tapi rasa takut dan gagal juga dapat memicu untuk melakukan sesuatu perubahan. Itu sebabnya, ngehindar dari rasa sedih dan takut bisa menghilangkan kesempatan kita buat berkembang.

Leave a Comment