Profesi Perifilman yang Penting Banget Tapi Jarang Dilirik Orang

Buat kita orang awam, filmmaker adalah salah satu profesi yang bisa jadi pilihan di masa depan. Ketika ditanya pengen jadi apa di dunia film, kebanyakan orang awam bakal ngejawab profesi sutradara atau penulis naskah. Soalnya, dua profesi itulah yang sering banget disebut-sebut ketika suatu film booming di tengah publik.

 

Pengetahuan tentang film bakalan nambah seiring bertambahnya usia. Dari tayangan-tayangan film awards kita jadi tau ada profesi-profesi lain selain dua profesi populer tadi. Ada penata kamera alias director of photography, editor, penata artistik alias art director, dan penata suara alias sound director.

Selain profesi-profesi yang namanya nampang di film awards, ternyata ada juga lho profesi lain di film yang nggak kalah pentingnya. Joko Anwar lewat thread Twitternya ngejabarin 17 profesi film yang bisa kita tekunin. Kita ngerangkum 7 profesi di perfilman yang keberadaannya kurang dilirik orang awam:

 

TALENT COORDINATOR DAN CASTING DIRECTOR

Dua profesi ini nggak cuma bertugas nyari talent yang cocok buat mainin karakter di film. Jangan anggep mereka cuma nyari lewat talent agency atau manajemen aktris dan aktor. Mereka juga nyari talent di mana aja buat nyari wajah-wajah baru. Profesi ini juga harus ngatur jadwal casting, mempelajari script, dan nyocokin jadwal sama talent. Mereka jugalah yang provide semua kebutuhan talent sebelum dan saat syuting.

 

SCRIPT CONTINUITY

Dalam bahasa Indonesia, posisi ini disebut pencatat adegan. Posisi ini penting banget buat para editor, soalnya tanpa pencatat adegan, editor nggak bakalan bisa kerja sama sekali. Seorang pencatat adegan harus teliti nyatet gambar mana aja yang bagus dan nggak bagus dari tiap shoot yang diambil pas syuting tanpa boleh skip. Dia juga harus teliti memperhatikan adegan biar nggak ada adegan yang nggak continue. Dialah yang bakal disalahin kalo iket rambut aktor tiba-tiba berubah warna dalam satu frame yang berbeda.

 

STILL PHOTOGRAPHER

Tugasnya motret lokasi adegan saat syuting, baik buat koleksi dokumentasi behind the scene atau buat kepentingan promosi film. Nggak jarang still photo terbaik nantinya dijadiin materi buat poster film. Tentu aja orang ini harus punya skill fotografi yang oke, karena harus nangkep momen-momen terbaik di tengah hecticnya proses syuting.

 

MAKE UP ARTIST

Jangan bayangin kerjaan make up artist sekedar bikin aktor atau aktris jadi cantik apalagi menor. Tugas make up artist adalah bikin penampilan para pemain sesuai sama karakter yang dia peranin. Yang lebih challenging lagi ketika sebuah karakter nuntut makeup artistnya buat bikin special effect di mukanya. Make up artist ini harus mempelajarin script dan breakdown script buat ngedalemin karakter para pemain.

 

LINE PRODUCER

Dalam bahasa Indonesia, posisi ini disebut produser pelaksana. Dia bertanggung jawab jadi manajer dari sebuah produksi film. Dialah yang bikin budgeting dari skenario film, ngatur pengeluaran dan pemasukan selama pra sampai pascaproduksi film, ngatur logistik selama proses syuting, dan mastiin biar produksinya nggak over-budget. Dialah salah satu kepala di bagian manajemen film. Tanpa tim manajemen, tim kreatif kayak sutradara, art director, penata kamera, sama penata suara nggak bakalan bisa syuting.

 

PRODUCTION ASSISTANT DAN UNIT PRODUCTION ASSISTANT

Posisi ini biasanya dibawahi langsung sama line producer. Tiap production assistant ngewakilin satu bidang, misalnya konsumsi. Nah, tiap production assistant juga punya unit-unitnya, atau yang disebut sama unit production assistant (UPM). Di produksi film gede, production assistant nggak mungkin kerja sendiri.

 

LOCATION MANAGER

Lokasi penting banget buat syuting film. Location manager harus nyari lokasi yang sesuai sama visi film dan keinginan sutradara. Posisi ini juga biasanya dipimpin sama line producer. Seorang location manager juga harus luwes berkomunikasi, karena merekalah yang bakalan ngurusin perizinan lokasi. Menurut Joko Anwar, profesi ini menuntut kejujuran tinggi. Sering banget kejadian location manager yang nggak jujur ngasih harga sewa lokasi sebenernya ke produser.

 

So, siapa nih yang udah mantep milih profesi di dunia perfilman?

Leave a Comment