Privasi Kustom di GB WhatsApp, Apa itu? Simak Ulasan dan Cara Penggunaanya!

Pengguna WA GB mungkin sudah biasa mendengar istilah privasi kustom di GB WhatsApp. Namun, istilah ini akan sangat asing saat didengar orang yang menggunakan WA biasa. Seperti namanya privasi kustom ini membuat penggunanya bisa melakukan pengaturan sesuai dengan keinginan penggunanya. Berikut ini akan dipaparkan serta dibahas cara menggunakan privasi custom notifikasi yang bisa dilakukan dengan mudah:  

Apa itu Privasi Kustom di GB WhatsApp

Apa yang dimaksud dengan fitur privasi kustom di GB WhatsApp adalah sebuah pemberian notifikasi khusus yang diperuntukkan pada beberapa kontak saja. Sehingga pengguna WA GB ini akan lebih mudah mengenali siapa yang memberinya pesan melalui perbedaan notifikasi pada privasi kustom di GB WhatsApp miliknya. 

Jadi, pengguna bisa memasang notifikasi ini untuk kontak orang-orang terdekat atau pasangan. Memasang notifikasi khusus ini bisa jadi hal yang penting terlebih bertujuan agar saat ada pesan langsung bisa segera ditanggapi oleh pemilik. Pasalnya jika notifikasi sama, orang cenderung mengabaikan beberapa pesan yang masuk tersebut.

Cara Melakukan Privasi Custom Notifikasi di GB WhatsApp

Setelah mengetahui apa itu kustom notifikasi serta kegunaannya. Maka sekarang pengguna harus mengetahui bagaimana cara agar WA yang digunakan bisa memanfaatkan fitur tersebut. Berikut ulasannya:

1. Menginstall WA GB

Hal yang harus dilakukan pertama oleh pembaca adalah dengan melakukan install WhatsApp GB. Adapun aplikasi ini tidak tersedia di Playstore. Maka dari itu pengguna baru bisa langsung mengakses link pengunduhan pada situs resmi WA GB. 

Setelah menemukan link pengunduhan bisa segera install dan pasang aplikasi tersebut. Hal yang perlu diperhatikan dalam satu HP jika sudah menginstall WA biasa maka tidak bisa menginstall WA GB. Maka sebelumnya pengguna baru harus sudah menghapus WA biasa terlebih dahulu.

2. Masuk Menu Percakapan Kontak

Setelah berhasil menginstall WA GB, maka langkah yang harus dilakukan pengguna adalah masuk pada bagian menu percakapan kontak. Pada menu ini akan ditampilkan deretan kontak teman, rekan kerja dan semua orang yang sebelumnya pernah disimpan. Untuk itu pengguna bisa memilih kontak mana yang akan diberikan pengaturan notifikasi khusus.

3. Pilih Custom Notifikasi

Jika sudah memilih kontak yang akan diberikan notifikasi khusus. Maka saatnya memilih notifikasi dengan nada seperti apa yang akan dipergunakan. Pada bagian ini usahakan menggunakan notifikasi yang berbeda dengan notifikasi pada umumnya. Pasalnya jika pengguna mengatur dengan notifikasi yang sama maka tidak akan ada bedanya dengan sebelumnya. 

Pada bagian ini pengguna bisa memilih notifikasi bawaan dari GB WhatsApp atau juga bisa membuat notifikasi sendiri. Misalnya dari instrumen atau lagu yang sebelumnya masuk dalam penyimpanan HP. Kemudian diubah menjadi notifikasi WA khusus tersebut. 

Demikian itu beberapa cara melakukan privasi kustom di GB WhatsApp. Tentunya dengan memanfaatkan fitur ini pengguna bisa lebih fokus pada notifikasi yang dianggap penting. Untuk informasi menarik lainnya bisa diakses juga pada link Journal-litbang-rekarta.co.id.