Perdagangan Internasional

Pengertian Perdagangan lnternasional

  1. Perdagangan internasional adalah proses tukar menukar atau jual beli barang dan jasa yang teryadi antara dua negara atau lebih.
  2. Ekspor adalah kegiatan menjual barang dan jasa dari dalam negeri ke luar negeri. Negara yang mengekspor barang dan jasa disebut
  3. lmpor adalah kegratan membeli barang dan jasa dari luar negeri. Negara yang mengimpor barang dan jasa disebut importir.

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional bermanfaat untuk mendapatkan devisa, memperluas kesempatan kerja, menstabilkan harga-harga, meningkatkan kualitas konsumsi, dan membantu mempercepat alih teknologi.

Faktor Pendorong dan Penghambat Perdagangan lnternasional

  1. Perdagangan internasional bisa terjadi karena adanya perbedaan sumber daya alam, penghematan biaya produksi, selera masyarakat, atau perbedaan teknologi.
  2. Perdagangan internasional juga dapat terhambat karena tidak amannya kondisi suatu negara, kebijakan ekonomi internasional suatu pemerintahan, dan tidak stabilnya kurs mata uang asing.

Teori Perdagangan Internasional

  1. Ada dua teori perdagangan internaslonal, yaitu teori keunggulan mutlak. (Adam Smith) dan teori keunggulan komparatif (David Ricardo).
  2. Menurut teori keunggulan mutlak (absolute advantage theory) dari Adam Smith, suatu negara disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut mampu memproduksi lebih banyak barang daripada negara lain, dengan menggunakan sumber daya produksi yang sama. Sebagai ilustrasi, perhatikan Peraga di bawah.

Teori Keunggulan Mutlak

Menurut teori keunggulan mutlak, perdagangan internasional terjadi ketika lndonesia berspesialisasi memproduksi kursi rotan, sementara Jepang berspesialisasi memproduksi kalkulator. Perhatikan Tabel A dan B yang menunjukkan hasil produksi sebelum dan setelah kedua negara melakukan spesialisasi. Kursi yang dihasilkan sebelum spesialisasi adalah 60 buah, dan setelah spesialisasi menjadi 80 buah. Berarti penambahan 20 buah kursi yang merupakan keuntungan. Kalkulator yang dihasilkan sebelum spesralisasi menjadi 40 buah. Dengan demikian, merupakan keuntungan.

Sebelum perdagangan internasional, penduduk lndonesia memerlukan lima kursi untuk mendapat satu kalkulator. Setelah perdagangan internasional, lima kursi dapat ditukar dengan lima kalkulator (lihat dasar tukar Jepang). Keuntungan dari perdagangan internasional bagi lndonesia adalah empat kalkulator. Penduduk Jepang sebelum perdagangan internasional dapat menukar satu kalkulator dengan lima kursi (lihat dasar tukar di lndonesia). Keuntungan perdagangan internasionai bagi Jepang adalah empat kursi rotan.

Teori keunggulan komparatif (comparative advantage theory) dari David Ricardo mengatakan bahwa perbedaan keunggulan komparatif juga dapat memberi keuntungan. Dua negara akan tetap melakukan pertukaran melalui perdagangan rnternasional walaupun salah satu negara mempunyai semua keunggulan. Untuk jelasnya, perhatikan Peraga di bawah yang memperlihatkan hasil produksi lndonesia dan Australra dengan menggunakan satu satuan faktor produksi.

Ilustrasi Teori Keunggulan Komparatif

Australia melakukan spesialisasi untuk memproduksi wol dan IndonesIa memproduksi kain katun. Setelah dilakukan perdagangan internasional, kedua negara mendapatkan keuntungan. Sebelum perdagangan internasional, Australia dapat menukarkan satu meter wol dengan 0,8 meter kain katun. Setelah perdagangan internasronal, satu meter wol dapat ditukar dengan dua meter katun yang didapat dari 1/5 x l0 meter (dasar tukar lndonesia). Dengan demikian, keuntungan Australia dalam perdagangan internasional adalah (2-0,8) meter : 1,2 meter katun. Sedangkan, sebelum perdagangan internasional, lndonesia dapat menukarkan dua meter katun dengan satu meter wol. Setelah perdagangan internasional, lndonesia dapat menukarkan dua meter katun dengan 2,5 meter wol (2/1,2 x 15 = 2,5). Selisih keuntungan lndonesia dengan Australia (perdagangan internasional) dibandingkan di dalam negeri menukarkan dua meter kain katun adalah 2,5 – 1 = l,5 meter wol.

Leave a Comment