Perbedaan Domain .COM dan .ID

Pada era digital seperti sekarang ini, banyak strategi baru yang muncul yang bisa digunakan sebagai cara pemasaran. Para pelaku bisnis pun berbondong-bondong melakukannya.  Mereka melakukan strategi marketing melalui media sosial, campaign, mengundang influencer, dan membuat promo-promo yang menarik minat pelanggan. Nah, tetapi ada satu cara lagi yang juga tidak kalah efektif dengan cara-cara tersebut, yaitu membuat website untuk bisnis yang sedang dijalankan!

Website menjadi salah satu faktor penting yang akan menunjang keberhasilan bisnis online karena manfaatnya yang begitu banyak. Dalam pembuatan website, kita harus mempertimbangkan berbagai hal mulai dari nama, desain, harga, domain, registrar, dan lainnya. Lalu yang paling sering ditanyakan adalah ‘lebih baik pakai domain yang mana ya?’

Nah berikut akan disampaikan perbedaan domain yang umum digunakan di antaranya .com dan .id.

Domain

Sebelum mengetahui perbedaan domain yang sebelumnya telah disebutkan, ada baiknya kita mengingat lagi mengenai pengertian domain. Domain merupakan sebuah alamat atau nama unik yang tertuju kepada website yang telah kita buat.

Dalam mengidentifikasi sebuah jaringan komputer, setiap jaringan pasti memiliki alamat IP berbeda. Alamat IP itu biasanya terdiri dari kumpulan angka yang berbeda pada masing-masing website. Angka-angka tersebut sangat sulit untuk diingat dan menyulitkan pengunjung yang ingin mencari website kita. Maka dari itu, kita dapat membuat sebuah nama domain untuk website kita agar mudah untuk dicari.

Domain berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi sebuah web hosting. Misalnya adalah jetorbit.com. Jetorbit merupakan website yang ingin dituju, sementara .com merupakan ekstensi domain yang dipilih.

Perbedaan Domain .COM dan Domain .ID

Sebagian dari kita pasti sudah tidak asing dengan domain .com dan .id. Namun apakah kita sudah benar-benar memahaminya? Jika teman-teman ingin tahu lebih dalam terkait perbedaan keduanya, maka simak sampai selesai ulasan berikut.

1. Hak Kepemilikan

Secara hak kepemilikan, domain .com merupakan domain yang bersifat internasional. Pelh karena itu domain .com dapat dimiliki oleh siapa saja atau dengan kata lain bebas dalam penggunaannya. Domain .com tidak dibatasi oleh bentuk perusahaan sehingga individu juga bisa memiliki ekstensi domain .om.

Hal tersebut berbeda dengan domain .id. Domain .id merupakan Country-Code Top Level Domain (cc-TLD) di mana yang boleh memiliki hanya website yang ada di Indonesia saja. Pihak yang diperbolehkan menggunakan ekstensi domain .id adalah pihak-pihak yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. Misalnya, domain .co.id hanya boleh digunakan oleh perusahaan saja, domain .net.id hanya untuk perusahaan ISP, domain .go.id hanya boleh dimiliki oleh lembaga pemerintahan.

2. Pengelolaan

Domain .com dikelola oleh lembaga penyedia domain internasional yang bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Sedangkan domain .id yang dikeluarkan oleh pengelola domain Indonesia atau yang dikenal dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) memang khusus diciptakan dan ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki website.

3. Syarat Pembelian

Untuk mendapatkan domain .com, pembeli tidak diberikan syarat atau ketentuan apapun. Sedangkan pembeli yang ingin mendapatkan domain .id harus memiliki beberapa syarat seperti paspor, akta, SIUP, akta notaris, dan semacamnya tergantung dari ekstensi domain .id mana yang ingin kamu miliki.

4. Cara Pemilikan

Ada begitu banyak provider hosting yang menyediakan atau menjadi perantara penjualan domain murah untuk website, salah satunya Jetorbit.

Mulai dari domain TLD hingga domain .id sudah bisa didapatkan dengan mudah dan tentu saja dengan harga murah.

Contohnya seperti kepemilikan domain .id sendiri masih sangat jarang di Indonesia. Bukan hanya karena baru dikeluarkan oleh pihak PANDI, tetapi juga karena harga yang ditetapkan masih terbilang mahal, yaitu sekitar 500 ribu. Namun Jetorbit.com mampu menyediakan domain .id ini dengan harga yang lebih murah, yaitu hanya sebesar Rp 230.000,-.

Kelebihan Domain .COM

Berikut adalah kelebihan yang bisa didapatkan saat kita menggunakan domain .com:

  1. Mudah dimiliki siapa saja dari lokasi mana pun
  2. Mendatangkan pengunjung website yang lebih banyak
  3. Berskala internasional
  4. Ekstensi domain sudah dikenal dan dipercaya masyarakat di seluruh dunia
  5. Harga lebih terjangkau
  6. Tidak ada syarat dan ketentuan untuk mendapatkannya.

Kelebihan Domain .ID

Berikut adalah kelebihan yang bisa didapatkan saat kita menggunakan domain .id:

  1. Keamanan lebih terjamin karena apabila terjadi tindak kriminal atau kejahatan berbasis teknologi, negara atau pemerintah dapat dengan mudah menangani masalah tersebut.
  2. Website dapat masuk pada peringkat atas mesin pencarian. Hal ini dikarenakan website kamu terdaftar pada domain lokal, dan mesin pencarian akan berusaha memberikan data yang relevan dan terdekat dengan pengguna.
  3. Target pengunjung lebih terfokus
  4. Proses menggunakan website cepat karena antara server dan pengunjung berada pada lokasi yang dekat satu sama lain.
  5. Tidak mudah terjadi plagiarisme atau penipuan karena ekstensi domain ini memiliki syarat dan ketentuan cukup rumit untuk dipenuhi pelaku penipuan.

Nah, itulah tadi informasi terkait perbedaan domain .com dan .id. Semoga penjelasan di atas cukup membuat teman-teman tercerahkan sekaligus menambah pengetahuan. Lalu, pertanyaan ‘lebih baik pilih domain yang mana?’ bisa dijawab dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis teman-teman. Kita harus menganalisis terlebih dahulu bisnis yang kita jalani seperti apa. Apakah ada kemungkinan untuk memperluas target pasar hingga ke luar negeri, atau apakah hanya ingin menargetkan kepada masyarakat lokal di Indonesia saja.

Jetorbit sebagai layanan penyedia domain juga bisa membantu teman-teman untuk membuat domain dengan ekstensi apapun, baik .com, .id, atau ekstensi yang lain. Dapatkan domain dari Jetorbit dengan harga terjangkau dan pastinya terpercaya.

Nah, di Jetorbit, teman teman juga bisa mendapatkan domain protection, di mana ini adalah sebuah layanan untuk menyembunyikan informasi pribadi teman-teman agar tidak terdaftar di Whois. Namun, informasi dari pendaftar layanan privasi akan tetap muncul. Domain protection sangat dianjurkan bagi teman-teman yang sangat sensitif jika data diri seperti nama dan alamat tidak ingin dipublikasikan. Untuk mendapatkan layanan ini teman-teman bisa mengaksesnya di cara order domain protection.

Jangan lupa juga kunjungi website kami di www.jetorbit.com untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.