Kenapa GB WhatsApp Diblokir Sementara? Ini Penyebabnya!

WhatsApp GB, salah satu aplikasi modifikasi WhatsApp yang kini banyak diperbincangkan di media sosial. Beberapa pengguna sudah mengunduh WhatsApp GB. Tidak sedikit pula pengguna yang terkena blokir. Lalu, kenapa GB WhatsApp diblokir sementara? Inilah penyebabnya!

Sekilas GB WhatsApp

Seperti yang dilansir Gadget House, WhatsApp GB merupakan aplikasi modifikasi WhatsApp dengan developer-nya senior XDA. Selain itu, WhatsApp GB ini disebut-sebut sebagai modifikasi dari WhatsApp Plus yang sudah diblokir pihak WhatsApp.

Aplikasi modifikasi ini bukanlah aplikasi resmi. Hal inilah yang membuat pengguna harus mengunduhnya melalui sumber dari pihak ketiga, misalnya situs web seperti officialjimbreuer.com. Pengunduhan melalui pihak ketiga risikonya cukup besar dibandingkan mengunduh langsung di Play Store.

Dari segi fitur, WhatsApp GB menyajikan fitur yang banyak. Tidak hanya mengubah tema, ikon, membaca pesan yang dihapus dan sebagainya. Selain itu, aplikasi modifikasi ini memungkinkan pengguan tetap melihat status yang sudah terhapus.  

Meskipun fitur yang disuguhkan cukup menarik, tapi tingkat keamanannya diragukan. Hal inilah salah satu alasan kenapa GB WhatsApp diblokir sementara. Adapun informasi lengkapnya mari simak ulasan berikutnya!

Penyebab GB WhatsApp Diblokir Sementara

Temporary Banned, merupakan istilah lainnya dari blokir sementara. Hal ini umum terjadi ketika menggunakan aplikasi tidak resmi. Terkait durasi blokir sementara cukup beragam, mulai dari 48 jam bahkan sampai 72 jam.

Tidak sedikit yang heran, kenapa GB WhatsApp diblokir sementara. Hal ini bisa terjadi karena pihak WhatsApp secara resmi tidak bisa melakukan validasi pada aplikasi yang dimaksud. Adapun penyebab lainnya GB WhatsApp diblokir yaitu:

1. Keamanannya Masih Diragukan

Seperti yang disinggung sebelumnya, keamanan pada aplikasi modifikasi masih diragukan. Setiap pesan yang dikirimkan pengguna tidak terenkripsi secara end to end. Hal ini bisa membuat pesan yang dikirimkan terbaca orang lain melalui server pihak ketiga. 

Maka dari itu, pembagian informasi berupa data rahasia, password, dan sebagainya sangatlah tidak aman. Pihak WhatsApp pun tidak bisa melakukan validasi keamanan, sehingga aplikasi terkena blokir.

2. Rentan Terkena Malware dan Spyware

Aplikasi modifikasi jenis GB WhatsApp merupakan aplikasi yang tidak resmi. Setiap pengguna tidak bisa mengunduhnya secara resmi di PlayStore. Namun, pengunduhan bisa dilakukan melalui pihak ketiga. Hal ini tentunya memiliki risiko yang tinggi.

Pengunduhan via pihak ketiga rentan terkena malware & spyware yang bisa merusak data. Inilah penyebab lainnya yang membuat GB WhatsApp bisa diblokir sementara. Setiap interaksi yang dilakukan tidak bisa terjamin keamanannya.

3. Sifatnya Tidak Resmi

Aplikasi resmi WhatsApp bisa mendeteksi kapan saja. Selanjutnya, nomor yang digunakan pun siap-siap terkena blokir. Pastikan pengguna mempertimbangkan secara matang sebelum menggunakan GB WhatsApp.

Sebagai catatan, pengguna jangan tergiur dengan fitur yang disajikan. Perhatikan pula keamanannya. Ketika data pribadi yang sifatnya rahasia dan penting terkespos, maka hanya kerugian yang akan didapatkan.

4. Membuat Grup dengan Konten yang Melanggar

Penyebab lainnya bisa dikarenakan membuat grup yang melanggar. Konten yang disajikan melanggar ketentuan, misalnya kontennya berupa pornografi dan semacamnya. Jika penyebaran konten melanggar dilakukan secara berulang, maka siap-siap akun akan diblokir.

5. Spammer

Hindari menjadi pengguna spammer. Inilah salah satu alasan kenapa bisa diblokir sementara. Penyebabnya bisa dikarenakan pengguna terlalu banyak mengirimkan pesan pada pengguna yang bukan kontak.

Pengiriman pada nomor yang tidak ada di kontak akan dianggap spammer. Pihak WhatsApp pun akhirnya akan memutuskan untuk memblokir pengguna yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk melindungi privasi pengguna lainnya.

Demikianlah ulasan singkat terkait kenapa GB WhatsApp diblokir sementara. Pastikan untuk menggunakan aplikasi resmi dengan keamanan yang pasti. Hal ini sebagai salah satu antisipasi, sehingga terhindar hal yang merugikan.

Leave a Comment