Kebijakan Perdagangan lnternasional Indonesia

Kebijakan Perdagangan lnternasional

  1. Kebijakan proteksi di bidang impor meliputi kebijakan kuota, politik tarif, pemberian subsidi, dan larangan impor.
  2. Kuota dalam rmpor adalah totaljumlah baranq yang dapat diimpor dalam masa tertentu. Jumlah itu diperkirakan tidak akan mengganggu industri dalam negeri.
  3. Kebijakan tarif diambil pemerintah dengan menetapkan tarif tinggi untuk mengimpor suatu jenis barang agar barang sejenis yang diproduksi di dalam negeri memiliki daya saing.
  4. Supaya harga barang produksi dalam negeri dapat ditekan, pemerintah dapat memberi subsidi kepada produsen dalam negeri. Dengan pemberian subsidi ini, harga barang dalam negeri menjadi murah.
  5. Larangan rmpor. Dengan berbagai alasan, ada barang tertentu yang dilarang diimpor.
  6. Kebijakan proteksi di bidang ekspor meliputi diskriminasi harga pemberian premi, dumping, politik dagang bebas, dan larangan ekspor.
  7. Diskriminasi harga adalah suatu tindakan dalam penetapan harga barang yang berbeda untuk suatu negara dengan negara lainny. Untuk barang yang sama, harga untuk negara yang satu lebilmahal atau lebih murah daripada negara lainnya.
  8. Pemberian premi (subsidi) dilakukan pemerintah kepada badan usaha yang melakukan ekspor, antara lain berupa bantuan biaya produksi serta pembebasan pajak dan fasilitas lain.Tujuannya agar barang ekspor memiliki daya saing di luar negeri.
  9. Dumping adalah kebijakan yang diambil oleh pemerintah dengar menetapkan barang ekspor (harga barang di luar negeri) lebih murah daripada harga di dalam negeri.
  10. Politik dagang bebas. Politik dagang bebas merupakan suatu kebijakan yang membuat masing-masing pemerintah memberi kebebasan dalam ekspor dan imp
  11. Larangan ekspor. Kebalikan darr larangan impor, larangan ekspor merupakan kebijakan suatu negara untuk melarang ekspor barang-barang tertentu ke luar negeri.

Tujuan Kebijakan Perdagangan lnternasional

Kebijakan perdagangan internasional ditujukan untuk mengatasi dampak buruk dari impor barang, seperti perusahaan dalam negeri yang memproduksi barang yang sama akan gulung tikar karena kalah bersaing dengan barang impor.

Neraca Perdagangan

Dalam neraca perdagangan, dicatat keadaan ekspor dan impor barang atau jasa. Neraca perdagangan bersifat positif berarti bahwa ekspor lebih besar daripada impor. Neraca perdagangan mempunyai peranan sentral dalam neraca pembayaran (balance of payment).

NERACA PERDAGANGAN INDONESIA TOTAL

Periode: 2009-2014

(Nilai: Juta US$)

NERACA PERDAGANGAN INDONESIA TOTAL

Sumber:BPS

Keterangan:

*)Angka sementara

Leave a Comment