Inovasi Usaha di Desa yang Menjanjikan untuk Masa Depan

Bisnis identik dengan masyarakat wilayah perkotaan. Namun, tidak ada salahnya jika masyarakat desa mempunyai usaha atau sebuah bisnis. Inovasi usaha di desa banyak tersedia sebagai inspirasi anda untuk membangun hidup.

Ketika hendak membuka usaha di desa, hal yang harus diutamakan adalah kejelian dalam melihat dan menentukan jenis usaha. Nantinya agar anda bisa fokus dan konsisten dalam mengembangkan usaha.

Inovasi Usaha di Desa dengan Potensial yang Ada

Membangun usaha di desa akan mendapatkan prospek yang tinggi jika memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada. Berikut inovasi yang bisa anda pilih sebagai peluang usaha di desa 2020 yang menjanjikan :

Usaha Kebun sayur Organik

Mengembangkan kebun sayur organik di desa sangat berpotensi untuk bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Banyak yang membutuhkan sayur sebagai pemenuhan kebutuhan hidup. Selain itu, sayur adalah tanaman yang menyehatkan yang semakin digemari oleh masyarakat.

Sayur organik beda dengan sayur konvensional yang penuh dengan bahan kimia. Perawatan yang dilakukan juga sangat mudah dan tidak memakan banyak biaya. Yang perlu diperhatikan adalah terhadap adanya hama.

Sebagai tindakan pencegahan maka petani harus menutup sayuran dengan paranet atau jaring. Petani juga harus menjaga tanaman dari serangga dan gulma secara manual.

Usaha Cafe Free WiFi

Inovasi usaha di desa berikutnya adalah membuka cafe. Di dalamnya bisa anda beri fasilitas free WiFi dengan dekorasi yang romantis. Akan banyak masyarakat yang berminat mengunjungi usaha ini. Sebab di desa masih sangat minim usaha semacam ini.

Biasanya di desa hanya ada warung makan atau biasa disebut dengan warteg. Nah, inovasi ini bisa memberikan timbal balik yang luar biasa. Bisa sebagai umpan penghasilan agar meningkat.

Untuk memulai usaha ini, anda harus memiliki banyak referensi dari berbagai sumber. Hal ini bertujuan agar cafe yang dibangun bisa menarik dan memiliki ciri khas desa tersebut.

Laundry Antar Jemput

Berikutnya ada usaha laundry yang bisa diterapkan untuk membangun usaha di desa. Akan lebih diminati jika laundry tersebut menggunakan layanan antar jemput. Hal ini bisa membantu masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan akses jalan yang susah.

Menerapkan inovasi usaha di desa ini harus memiliki promosi yang menarik. Jangan takut untuk berinovasi untuk mengembangkan usaha tersebut.

Franchise Minuman Kekinian

Selanjutnya ada usaha franchise minuman kekinian. Usaha ini sangat berpotensi bagi anda yang akan memulai usaha di usia muda. Sebab banyak anak muda yang menyukai minuman jenis ini.

Sediakan beberapa kursi lengkap dengan mejanya. Tempat anda berusaha nanti bisa digunakan sebagai tempat nongkrong bagi anak-anak muda. Disinilah anda harus bisa mengembangkan usaha dengan baik.

Modal untuk membuka usaha ini tidaklah mahal. Sedangkan keuntungan yang didapat bisa puluhan juta rupiah. Benar-benar peluang bisnis yang menjanjikan.

Agrowisata

Jika anda memiliki lahan luas di desa langkah yang tepat adalah membuka usaha agrowisata. Inovasi usaha di desa ini sangat berpotensi bagi anda yang suka berkebun. Baik buah-buahan, sayuran, atau bunga-bunga.

Selain bisa menambah penghasilan anda dari sektor wisata, hasil perkebunan juga bisa anda jual untuk menambah kebutuhan ekonomi. Ada banyak jenis agrowisata yang bisa anda lakukan misalnya hortikultura, tanaman pangan , dan lain sebagainya.

Jadi, itulah beberapa inovasi usaha di desa yang menjanjikan. Masih banyak info menarik mengenai berbagai usaha yang prospeknya bagus di desa. Kembangkan usaha dengan tekun agar bisa bermanfaat bagi diri anda dan orang lain. Usaha yang anda bangun mulai dari nol akan menjadi tabungan di masa tua nanti.

 

Leave a Comment