Ini Dia Segudang Manfaat Mengikuti Coaching

Menjadi pribadi yang lebih baik bisa dilakukan dengan berbagai hal salah satunya mengikuti Coaching. Coaching sendiri adalah metode pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan potensi diri. Melalui proses ini, diharapkan kinerja menjadi lebih baik dan bisa dimanfaatkan secara efektif. Coaching melibatkan seorang pelatih yang disebut coach dan orang yang dilatih atau coachee.

Jika pada umumnya coachee berasal dari kalangan pemilik bisnis, eksekutif perusahaan, leader hingga karyawan pun sebenarnya membutuhkan coach agar kinerja lebih maksimal. Tidak hanya itu, individu hingga civitas akademik dapat pula mengikuti coaching demi pencapaian gol yang diinginkan. Seorang Coach yang baik akan menemani proses coaching dengan manfaat sebagai berikut:

1. Membantu Pengambilan Keputusan

Saat memiliki banyak opsi yang sulit diputuskan, seorang coachee bisa mendapatkan bantuan dari coach. Dalam mengambil keputusan, coach akan mengajak coachee berpikir dari berbagai perspektif. Keputusan yang diambil diharapkan dapat tepat dan sesuai untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Terbiasa berpikir dari berbagai perspektif juga memudahkan seseorang untuk mengambil keputusan dalam segala kondisi.

2. Meningkatkan Potensi Diri

Saat mengikuti event coaching, coachee akan dibantu coach untuk mengeksplorasi dan menstimulasi pemikiran sehingga bisa menemukan inspirasi. Proses berpikir kreatif ini menggiring coachee untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada dirinya. Dengan menggali potensi juga akan membuat perubahan dan meningkatkan prestasi seseorang dalam dunia kerjanya. Kinerja lebih meningkat dan produktivitas bisa didapatkan.

3. Menjadi Individu yang Siap Menghadapi Masa Depan

Menginjak usia dewasa, banyak orang yang bingung akan tujuan hidupnya. Jika dibiarkan terlalu lama, hidup menjadi tidak produktif dan sulit menemukan apa yang sebenarnya diinginkan. Dengan mendapatkan sesi coaching, coach akan membantu menemukan prioritas dalam hidup coachee sekaligus tujuan hidup kedepannya. Proses ini dapat dijadikan sebagai jalan mempersiapkan masa depan yang gemilang.

4. Menghasilkan Ide-ide dan Strategi Baru

Dunia kerja selalu dipenuhi dengan persaingan yang ketat. Jika tetap bersikukuh untuk menjadi manusia yang biasa-biasa saja, rasanya akan sulit untuk bertahan dan berakhir tergantikan. Dengan mengikuti proses coaching secara rutin, lambat laun pikiran akan semakin terbuka dan ide-ide brilian lebih mudah dihasilkan. Dengan strategi baru, cara kerja dapat lebih efektif dan efisien.

5. Adanya Perubahan Perilaku Menjadi Lebih Baik

Bukan hanya dari segi pengembangan potensi dan sumber daya manusia, coaching juga dapat mengubah perilaku seseorang. Dari yang dulunya sulit untuk disiplin dan berpikir positif, setelah mendapatkan sesi coaching, coachee bisa menjadi lebih disiplin serta bersikap lebih baik dan positif. Hal ini tentu akan berpengaruh ke kinerja dan hubungan dengan orang lain.

Demikian manfaat mengikuti coaching untuk menggali potensi dan pengembangan diri. Dari segi bisnis, seseorang yang menerima coaching dapat mengubah banyak elemen dan sendi bisnis. Jangan lupa untuk mengikuti sesi coaching dengan serius agar seluruh manfaat bisa dirasakan dan target yang diinginkan bisa tercapai.