Gambar NFT ini Terjual Hingga Miliaran, Kok Bisa!

Belakangan ini jagat maya sedang dihebohkan dengan viralnya aset digital gambar NFT yang harga jualnya mencapai miliaran, bahkan NFT termahal di dunia ada yang pernah tembus 1 triliun, kok bisa? Yuk, cari tahu alasannya dibawah ini!

Sebagai informasi, karya ikonik dari seniman digital Pak yang merupakan jawara di dunia NFT berhasil menjual The Merge dengan harga mencapai 91,8 juta USD atau setara dengan Rp 1,3 triliun sehingga sebagai NFT termahal di dunia.

Nah, jika ingin mengetahui karya seni apa saja yang terjual hingga miliaran, berikut ini ada beberapa gambar NFT yang unik dengan nilai aset yang tinggi sehingga menempati posisi sebagai NFT termahal di dunia. Berikut ulasannya.

 

Gambar NFT Termahal di Dunia

Mungkin bagi masyarakat awam akan menilai gambar digital ini biasa saja, namun bagi pelaku seni melihatnya memiliki nilai yang tinggi, maka tidak heran bisa terjual hingga miliaran. Adapun gambar digital tersebut sebagai berikut:

1. CryptoPunk #5217

Karya seni NFT CryptoPunk #5217 ini termasuk langka di pasaran, yaitu berupa gambar seekor kera memakai topi rajut warna orange dan kalung rantai emas. Adapun NFT ini terjual seharga 5,59 juta USD atau setara Rp 80 miliar.

2. CryptoPunk #7804

Adapun karya lain dari CryptoPunk ini menggambarkan alien punk dengan aksesoris topi yang sedang menghisap pipa, karya seni bernilai tinggi ini dibanderol cukup fantastis seharga 7,6 USD atau setara dengan Rp 108 miliar.

3. CryptoPunk #3100

Selain itu, ada juga gambar NFT hasil karya CryptoPunk yang menampilkan sosok alien memakai ikat kepala berwarna biru putih, salah satu karakter dari 9 koleksi alien punk ini dijual seharga 7,67 juta USD atau setara Rp 109 miliar.

4. Ocean Front

Ocean Front merupakan NFT karya Beeple, seniman digital asal Amerika Serikat. NFT ini berupa gambar container, caravan dan pohon yang berada di tengah laut. Adapun NFT dari gambar ini terjual seharga 6 juta USD setara Rp 85 miliar.

5. Everydays: the First 5000 Days

Everydays: the First 5000 Days merupakan hasil karya seni dari Beeple berupa kumpulan kolase gambar yang dibuat sejak tahun 2007. Kemudian NFT ini terjual pada 11 maret 2021 dengan harga mencapai 69,3 juta USD setara Rp 991 miliar.

Jika memperhatikan karya seni NFT diatas mungkin siapapun bisa membuatnya, namun kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Lantas, apa yang membuat NFT harganya bisa milyaran? Berikut penjelasan selengkapnya.

 

Kenapa Harga NFT Bisa Mahal?

Mungkin banyak yang bertanya kenapa harga gambar NFT bisa mahal mencapai miliaran? Bagi sebagian orang mungkin akan terasa tidak masuk akal, namun itulah yang terjadi di dunia NFT saat ini. Yuk, ketahui alasannya dibawah ini!

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga NFT tinggi, salah satunya adalah tidak ada penguasaaan dan dominasi dalam skema jual beli NFT sehingga tidak ada aktor dominan yang bisa mengendalikan harga NFT.

Selain itu, faktor waktu yang dibutuhkan dalam membuat karya seni dalam bentuk NFT dan nilai karya seni tersebut yang tinggi. NFT juga sudah dienkripsi di blockchain sehingga terjamin keasliannya dan tidak bisa di duplikasi.

Nah, bagi yang ingin mencoba peruntungan dengan membuat karya seni NFT yang bernilai tinggi, maka bisa pelajari tentang NFT itu sendiri dan bagaimana cara kerjanya, termasuk cara daftar NFT. Semoga informasinya bermanfaat.