Dokter Mobil : Bengkel Spesialis AC dan Tune Up Mobil No. 1 di Indonesia

Dalam bahasa inggris tune up berarti menyesuaikan. Berbeda dengan servis, tune up dilakukan dengan cara menyeluruh dan hanya bisa dilakukan di bengkel spesialis. Di mana, pemilik mobil pernah melakukan penyetelan ulang kendaraan yang dimilikinya secara mendalam. Dalam prosedur tune up, pengecekan dilakukan secara mendalam terutama pada komponen-komponen penting yang terdapat di pada sebuah mobil.

Di sebuah bengkel yang menyediakan pelayanan tune up secara khusus, tune up sebuah mobil dilakukan dengan lebih menyeluruh dan mendalam. Jadi, apabila performa mobil dirasa sudah mengalami penurunan, sebaiknya mobil segera dibawa ke bengkel yang menyediakan layanan tune up. Berikut informasi seputar tune up dan service AC mobil:

Tata Cara Tune Up Mobil

Di bengkel khusus tune up mobil, beberapa serangkaian pemeriksaan dasar akan dilakukan oleh teknisi yang sedang bertugas. Kemudian setelah pemeriksaan dasar selesai dilakukan, teknisi akan melakukan pemeriksaan secara mendalam. Beberapa pemeriksaan komponen mobil tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengecekan Busi Mobil

Pengecekan busi mobil merupakan salah satu prosedur tune up yang pasti dilakukan oleh teknisi di bengkel khusus tune up mobil. Busi pada kendaraan, khususnya mobil adalah salah satu komponen yang memiliki peran untuk pengapian mesin mobil. Terjadinya problem pada busi mobil akan mengakibatkan pengapian pada mobil mengalami gangguan. Akhirnya mesin mobil pun sulit untuk dinyalakan.

Seorang teknisi bengkel khusus tune up seperti dokter mobil, akan melakukan pengecekan pada bagian busi dengan cara melihat percikan-percikan yang muncul di area busi mobil. Jika percikan yang dihasilkan masih dalam batas normal, berarti busi masih dalam keadaan normal. Namun, apabila percikan yang dihasilkan tidak seperti yang biasanya berarti busi mengalami masalah.

2. Pembersihan Kerak Karbon pada Ruang Bakar Mobil

Kerak karbon seringkali ditemukan pada ruang bakar sebuah mesin mobil. Kerak tersebut muncul karena terjadinya proses pembakaran bahan bakar mobil yang tidak sempurna. Biasanya, hal yang demikian terjadi karena bahan bakar yang digunakan untuk mobil bukanlah bahan bakar yang kualitasnya baik.

Apa itu Flushing AC pada Mobil

Flushing AC pada dasarnya adalah sebuah pembersihan sekaligus pembilasan pada keseluruhan sistem yang terdapat di AC mobil. Jadi, semua partikel dan kotoran yang tidak dikehendaki ada pada AC mobil harus dibersihkan agar tidak mengganggu aktivitas kompresor dan saluran pada AC mobil. Untuk melakukan flushing, dibutuhkan alat yang namanya mesin flushing.

Tanpa bantuan mesin flushing ini, maka pembersihan menyeluruh pada AC mobil harus dilakukan dengan cara manual dan itu diperlukan waktu yang sangat lama. Jadi, agar pembersihan tidak memakan waktu yang sangat lama, mobil harus di bawa ke bengkel spesialis AC. Sebab jika tidak, pembersihan tersebut akan memakan waktu selama lebih kurang 8 jam.

Metode Flushing AC yang Baik

Bagaimana metode flushing AC yang baik? Flushing AC tentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang teknisi apalagi orang awam yang tidak tahu menahu perihal komponen mobil. Flushing AC yang baik adalah flushing yang dilakukan menggunakan mesin yang canggih dan pengerjaan yang tidak asal-asalan.

Sebaiknya ketika memilih bengkel untuk keperluan flushing, pilihlah bengkel yang setiap pengerjaannya dapat dipantau melalui proses komputerisasi. Kenapa? Dengan adanya proses komputerisasi, maka input atau output garapan seorang teknisi dapat dipantau sesuai dengan standar yang berlaku.

Demikian informasi seputar bengkel spesialis AC dan tune up mobil. Ingat, sebelum menyerahkan mobil kesayangan untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh, pastikan bahwa bengkel yang dituju adalah bengkel dengan pelayanan terbaik. Jangan sampai uang yang dikeluarkan sia-sia karena telah salah memilih bengkel.