Belajar Perkembangan Fisik Remaja Menurut Mustika Pustaka Negeri

Belajar Perkembangan Fisik Remaja Menurut Mustika Pustaka Negeri

Perlu diketahui bahwa perkembangan fisik para remaja menurut mustika pustaka negeri meliputi beberapa aspek penting. Remaja akan mengalami perubahan fisik seiring dengan bertambah usia. Pada fase pubertas ini akan dialami semua anak yang menuju remaja.

Selama masa pubertas remaja akan mengalami perubahan fisik yang berbeda. Pubertas sendiri merupakan suatu tahapan perkembangan anak menjadi dewasa dari segi seksual. Simak perkembangan fisik yang terjadi pada remaja di bawah ini:

Perubahan Fisik yang Berbeda

Saat remaja adalah masa dimana tidak mau lagi diperlakukan sebagai anak-anak. Namun, juga belum matang secara dewasa. Pada remaja perempuan dan laki-laki juga mengalami perubahan fisik yang tidak sama. Bisa dilihat secara langsung pada bentuk fisik remaja perempuan.

Pada perempuan akan mengalami perkembangan fisik remaja seperti payudara mulai membesar, datangnya menstruasi, dan lain-lain. Saat mengalami perubahan fisik ini diperlukan peran orang tua untuk mendampingi masa pubertas.

Sedangkan pada laki-laki menurut mustika pustaka negeri akan terjadi perkembangan seperti berubahnya ukuran penis dan testis. Selain itu juga tumbuhnya rambut halus di sekitar kemaluan dan ketiak remaja laki-laki. Suara remaja laki-laki akan terasa lebih berat saat masa pubertas.

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Fisik Remaja

Setelah mengetahui perbedaan perkembangan fisik, selanjutnya akan membahas faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan fisik remaja. Di bawah ini faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain:

1. Faktor Genetik

Faktor pertama ini sangat berpengaruh menurut mustika pustaka negeri untuk perkembangan tiap remaja. Apabila anggota di keluarga memiliki rata-rata tinggi badan yang tergolong tinggi maka kemungkinan remaja akan memiliki postur tinggi juga dan begitu pun sebaliknya.

2. Faktor Nutrisi

Selanjutnya ada faktor nutrisi yang berperan penting untuk perkembangan. Saat kecil apabila kekurangan nutrisi maka akan berdampak pada perkembangan saat remaja nanti. Lebih berpengaruh pada perkembangan yang berbeda pada tiap remaja.

3. Faktor Hormonal

Salah satu yang berpengaruh selanjutnya adalah hormon. Apabila terjadi hormon yang tidak seimbang akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang saat remaja.

4. Faktor Jenis Kelamin

Salah satu yang terlihat jelas mempengaruhi perkembangan fisik adalah jenis kelamin. Pada perempuan dan laki-laki terdapat perbedaan perubahan fisik saat remaja.

5. Faktor Lingkungan Keluarga

Terakhir adalah pentingnya lingkungan keluarga. Seorang remaja yang hidup di lingkungan keluarga yang penuh kasih sayang akan membuat individu tumbuh sehat secara mental dalam perkembangannya dan sebaliknya.

Dampak Terhadap Perubahan Fisik

Selanjutnya adalah membahas dampak perkembangan remaja terhadap perubahan fisik. Remaja perempuan saat mengalami menstruasi biasanya akan pusing, mual, kram perut, dan, lain-lain. Sehingga akan menyebabkan individu tersebut merasa lelah dan terlihat lesu.

Demikian penjelasan terkait perkembangan fisik pada remaja menurut Mustika Pustaka Negeri yang bisa dijadikan sebagai informasi. Pada fase pubertas ini para remaja mengalami perubahan fisik yang berbeda-beda sehingga diperlukan informasi yang benar.