Apa yang Harus Dilakuin Dalam Keadaan Darurat?

Tanggal 15 Januari, Jakarta dikagetkan dengan kejadian ambruknya balkon lt 1 Tower II gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) kurang lebih pukul 12.00 WIB.

 

Sebanyak 70 korban luka dan patah tulang dilarikan ke RSAL Mintoharjo, RS MSCCC, RSPP Pertamina, dan RS Siloam Jakarta. Para korban rata-rata adalah mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang yang lagi berkunjung buat study tour dan sisanya adalah pegawai BEI. Kejadian ini bener-bener bikin kita turut simpati dan berdoa semoga para korban serta orang terdekat diberikan kekuatan menghadapi cobaan ini.

Musibah mengejutkan ini bikin kita harus lebih waspada dan tau hal apa aja yang perlu kita lakuin dalam keadaan darurat seperti kebakaran, gempa atau terjebak bangunan runtuh.

 

1. MENUTUP WAJAH

Hal ini penting buat kita lakuin. Menutup wajah pake sapu tangan, hijab, jaket atau barang apapun yang kita bawa buat menghindari asap atau debu yang membahayakan paru-paru dan bikin kita sulit bernafas. Selain itu perhatiin arah angin biar kita tahu arah api bakal menyebar (khusus buat kebakaran)

 

2. MENCARI TANGGA DARURAT

Kalo musibah ini terjadi di mall, kantor dan tempat umum, cari tangga darurat dan hindari lift, jangan pedulikan barang yang ketinggalan, fokus menyelamatkan diri.

 

3. BERGULING

Kalo pakaian yang kita pake terlalap api, secepat mungkin menanggalkan pakaian kita. Kalo susah, kita berguling di lantai karena efektif buat memadamkan api.

 

4. BERLINDUNG DI BAWAH MEJA

Ini berlaku saat gempa. Kita berlindung di kolong meja sampe gempa usai setelah itu lari ke luar bangunan secepat mungkin.

 

5. MEMINTA BANTUAN

Indonesia punya tim siaga darurat yang bisa kita hubungi kapan aja saat musibah terjadi. Untuk menghubungi tim Pemadam Kebakaran kita bisa telepon ke nomor 113, tim ambulan nomor 118 dan tim SAR nomor 115.

 

6. TARIK PERHATIAN TIM PENYELAMAT

Kalo kita tertindih bangunan dan tertimbun reruntuhan, sebisa mungkin berteriak, atau membuat bunyi yang menarik perhatian tim penyelamat.

 

7. CEK ANGGOTA KELUARGA/TEMAN

Saat berhasil keluar dari bangunan, kita cek anggota keluarga dan teman, kalo belum lengkap, kita lapor ke tim penyelamat biar mereka membantu mencari dan menyelamatkan mereka.

Leave a Comment