Apa itu jasa arsitek? Pengertian dan Contoh Perusahaanya

Membangun rumah yang unik, fungsional, dan sesuai dengan kebutuhan tentu bisa diwujudkan dengan memakai jasa arsitek. Arsitek akan membantu membuat desain rumah sesuai kondisi lahan, kebutuhan, dan keinginan pengguna jasanya. Namun, beberapa orang masih asing dengan istilah arsitek. Kira-kira, apa itu arsitek?

Apa Itu Arsitek?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek maka wajib paham dulu apa itu arsitek. Sebab akan aneh jika memakai suatu jasa namun tidak paham fungsi dan tugas dari jasa tersebut. Jadi, yang disebut dengan arsitek adalah seseorang yang memiliki lisensi dan profesional dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan.

Jadi, arsitek tidak hanya bisa diartikan secara sempit sebagai jasa seseorang atau perusahaan yang memiliki lisensi untuk membangun atau mendesain suatu bangunan. Seba arsitek ini sendiri bidangnya banyak karena seni sendiri punya jenis beragam. Salah satunya adalah bangunan rumah atau gedung tadi.

Sehingga saat memakai istilah umum maka arsitek memiliki definisi tersebut. Berbeda jika mengatakan arsitek rumah atau arsitek bangunan. Berhubung disebutkan secara spesifik maka arsitek ini punya arti spesifik juga. Yakni sebagai seseorang yang memiliki lisensi untuk isa mendesain suatu bangunan, baik rumah maupun bangunan jenis lainnya. Seperti gedung, gudang, apartemen, jembatan, dan lain-lain.

Tanggung Jawab dari Arsitek

Arsitek bangunan atau rumah kemudian memiliki beberapa tanggung jawab khusus. Seperti:

  1. Membuat konsep rancangan, sehingga arsitek akan melakukan survei dan mengumpulkan data terkait lokasi pembangunan rumah agar konsep desain bisa sesuai.
  2. Membuat gambar kerja, kemudian juga membuat rancangan bangunan sesuai konsep tadi menjadi gambar lengkap dengan perhitungan kebutuhan material atau bahan bangunan.
  3. Proses pelaksanaan konstruksi, yakni melakukan pelaksanaan proses konstruksi dari desain bangunan yang sudah dibuat sesuai konsep tadi. Pada tugas ini nantinya akan ada dua tahap, pertama penyiapan dokumen pelaksanaan konstruksi dan kedua adalah pelelangan.
  4. Melakukan pengawasan konstruksi, tahap akhir dari tugas apa itu arsitek adalah melakukan pengawasan. Yakni melakukan pemantauan dan pengawasan berkala di lapangan langsung, sehingga tugas arsitek baru selesai ketika bangunan yang dirancangnya juga sudah selesai dibangun.

Contoh Perusahaan Arsitek

Arsitek beberapa bekerja secara individu sehingga memakai nama pribadi, namun beberapa lagi bergabung dalam sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan ini kemudian menjadi perusahaan arsitek yang membantu siapa saja merancang bangunan rumah maupun melakukan renovasi, baik dalam skala kecil maupun besar.

Adapun contoh perusahaan arsitek tentu sangat banyak, dan salah satunya adalah Mitrarenov. Mitrarenov adalah perusahaan yang menyediakan beberapa jenis jasa, salah satunya jasa arsitek. Layanannya sendiri meliputi:

  • Jasa arsitek rumah minimalis
  • Jasa mendesain rumah.
  • Jasa renovasi rumah seperti meningkatkan banguna rumah dari lantai satu menjadi lantai dua, pengecatan dinding, dan lain-lain.
  • Jasa menambah ruangan, seperti penambahan kamar untuk anak.
  • Melayani pekerjaan interior seperti desain interior ruangan.

Melalui penjelasan di atas tentu bisa dengan mudah memahami apa itu arsitek dan menentukan apakah membutuhkan jasanya atau tidak. Silahkan dipertmbangkan dengan baik.

Leave a Comment