6 Tips Memilih Asuransi Motor yang Bagus

Kendaraan bermotor menjadi alat transportasi penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, disamping fungsinya sebagai alat transportasi, kendaraan bermotor juga menjadi aset penting bernilai tinggi. Maka, sudah semestinya aset ini Anda lindungi dengan menggunakan asuransi untuk motor.

Tapi kenyataannya, tidak sedikit dari kita yang enggan mengasuransikan motor. Padahal, ada keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah menghindari risiko kerugian yang bisa terjadi sewaktu-waktu bila motor Anda mengalami kecelakaan atau hilang akibat tindakan pencurian.

Saat ini pun perusahaan asuransi untuk motor telah banyak didapati. Dengan beragam penawaran yang mereka berikan, Anda perlu cermat dalam memilih perusahaan asuransi untuk motor Anda. Nah, bagi Anda yang belum memilih perusahaan asuransi, simak tips memilih asuransi sepeda motor terbaik berikut ini.

Pilih Asuransi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sebagai tahapan awal, Anda perlu mengetahui jenis asuransi semacam apa yang Anda butuhkan untuk motor kesayangan Anda. Sesuaikan dengan kondisi kendaraan bermotor Anda. Seperti jenis, usia, hingga nilai ekonomis yang terdapat didalamnya.

Terdapat dua jenis asuransi untuk sepeda motor yang bisa Anda pilih. Pertama, asuransi gabungan. Layanan ini menjamin hampir seluruh kerusakan yang dialami oleh kendaraan Anda. Baik dari kecelakaan besar atau pun kecelakaan kecil. Kedua, asuransi total loss only (TLO). Berbeda dari sebelumnya, asuransi TLO motor hanya melindungi kerusakan di atas 75% dari kendaraan Anda yang mengalami kecelakaan, atau kehilangan kendaraan karena pencurian.

Selain itu terdapat ketentuan yang berbeda diantara kedua asuransi ini. Biasanya hal ini bisa Anda temui pada polis asuransi. Sebab dari itu, Anda harus cermat dan membaca secara detail polis asuransi Anda.

Hitunglah Premi dan Klaim 

Tips kedua dalam memilih asuransi adalah mengetahui besaran premi asuransi yang harus Anda bayarkan. Hal ini terbilang wajib. Selain itu, Anda pun perlu mengetahui nilai klaim yang bisa Anda peroleh dari asuransi yang akan Anda pilih. Oleh sebab itu, Anda perlu menghitungnya terlebih dahulu.

Sesuaikan dengan Keuangan

Jangan memaksakan diri untuk membayar premi asuransi diluar kemampuan Anda. Pilihlah asuransi yang memiliki premi sesuai dengan keuangan Anda. Sehingga pengeluaran Anda pun tidak membengkak.

Lihatlah Kredibilitas Perusahaan Asuransi 

Dengan banyaknya perusahaan asuransi, Anda pun harus lebih jeli. Pilihlah perusahaan asuransi motor yang memiliki tingkat kredibilitas baik. Anda bisa mengumpulkan informasi dari perusahaan-perusahaan asuransi melalui internet. Setelahnya, Anda bisa memilih perusahaan manakah yang hendak Anda pilih. Tidak ada salahnya Anda melakukan perbandingan perusahaan satu dengan yang lainnya.

Untuk mengetahui tingkat kredibilitas dari perusahaan asuransi, Anda bisa melihat rasio keluhan pelanggan perusahaan tersebut. Anda bisa mencari tahu hal ini melalui internet.

Disamping itu, Anda pun bisa mempertimbangkan rekomendasi dari dealer. Ya, sewaktu Anda membeli kendaraan bermotor, terkadang dealer akan menyarankan perusahaan asuransi untuk Anda gunakan. Namun, semua kembali lagi pada pilihan diri Anda sendiri.

Layanan yang Diberikan dan Keuntungan Produk

Tips selanjutnya dalam memilih asuransi untuk motor Anda adalah mengetahui layanan apa saja yang diberikan dan keuntungan produk dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Pastikanlah perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki layanan hotline 24 jam. Dengan begitu, Anda bisa menghubungi pihak asuransi sewaktu-waktu jika Anda membutuhkan.

Bengkel Rekanan 

Tips terakhir sewaktu Anda memilih asuransi sepeda motor terbaik adalah mencari tahu terkait bengkel rekanan perusahaan asuransi tersebut. Tidak ada salahnya Anda memilih asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan yang tersebar di berbagai tempat dan mudah untuk diakses sewaktu-waktu.

Tujuannya supaya Anda bisa menghemat waktu, dan juga biaya ketika Anda melakukan perbaikan pada motor Anda yang rusak.

Itulah tujuh tips yang untuk Anda dalam memilih perusahaan asuransi. Sebelum Anda menjatuhkan pilihan Anda perlu memahami ketentuan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Jangan sampai Anda justru mengalami kerugian dengan tidak memahami ketentuan apa saja yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

Dari banyaknya asuransi dengan tingkat kredibilitas tinggi di Indonesia, asuransi untuk sepeda motor yang dapat Anda bisa menggunakan asuransi motor Adira.

Leave a Comment