5 Manfaat Penggunaan Mesin RO dalam Kehidupan Sehari-hari

Mesin RO (Reverse Osmosis) adalah teknologi mesin yang berguna untuk menyaring air. Penyaringan air ini akan menyaring zat-zat yang tidak bermanfaat untuk tubuh. Dengan begitu mesin RO akan menghasilkan air berkualitas.  Berikut 5 manfaat penggunaan mesin RO dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Memenuhi Kebutuhan Konsumsi Rumah Tangga

Setiap orang membutuhkan konsumsi 2,5 liter air per hari. Untuk memenuhi kebutuhan air ini juga diperlukan kualitas air yang baik. Padahal, proses air sampai ke rumah dari sumbernya cukup panjang. Banyaknya tempat yang dilalui air membuatnya sangat mungkin untuk terkontaminasi berbagai zat-zat lain yang tidak berguna atau bahkan berbahaya bagi tubuh.

Dengan mesin RO, air yang sudah disaring bisa langsung dikonsumsi tanpa memerlukan proses perebusan air. Konsumen menjadi tidak perlu merebus air sebab sebenarnya proses perebusan air juga meninggalkan endapan yang tetap bisa ikut dikonsumsi. Untuk penggunaan rumah tangga, jenis mesin RO juga lebih kecil dan lebih ringan.

2. Hasil Airnya Sesuai Standar Pabrik Air Minum dalam Kemasan

Semua orang pasti setidaknya pernah sekali membeli air minum dalam kemasan apapun itu merk nya. Di manapun dan kapanpun air minum bersih tetap bisa terjangkau dengan adanya air minum kemasan yang bisa dibeli di toko-toko. Alasan air minum dalam kemasan ini layak diminum, karena berhubungan dengan kesehatan tubuh.

Proses pengemasan air minum kemasan juga memakai mesin air RO. Pabrik air minum kemasan mengambil air langsung dari sumber air murni. Dari sana, air diproses terlebih dahulu melalui beberapa tahapan, salah satunya dengan mesin RO. Bahkan penggunaan mesin ini menjadi standar yang tercantum di Permenkes 492.

3. Air Minum Sesuai Standar Depot Air Isi Ulang

Saat ini sudah banyak depot air isi ulang yang tersebar di setiap daerah hingga ke pelosok. Depot air isi ulang ini melayani pengisian air galon yang layak dikonsumsi. Biasanya, depot air isi ulang menyediakan penyimpanan air yang besar. Lalu mendapatkan pasokan air dari supplier tangki air yang mengambilkannya dari sumber mata air langsung.

Untuk daerah dengan permintaan besar tentu agak merepotkan jika depot air bergantung dari pasokan supplier. Pemilik depot air tentunya tidak bisa membiarkan konsumennya menunggu sementara supplier belum datang dan memasok air. Untuk itu, penggunaan mesin RO akan sangat menguntungkan.

4. Demineralisasi untuk Keperluan Industri Farmasi

Salah satu zat yang memiliki kandungan tinggi dalam air adalah zat mineral. Kandungan zat mineral yang tinggi bisa menyebabkan dehidrasi bahkan masalah pencernaan lainnya. Sama dengan obat-obatan yang biasa dikonsumsi kebanyakan orang pada umumnya. Zat dalam obat akan rusak jika air yang digunakan dalam proses pembuatan obat memiliki kandungan mineral yang terlalu tinggi.

Oleh karena itu, pabrik-pabrik farmasi menerapkan standar yang tinggi dalam proses pembuatan obat-obatan. Salah satu standar ini adalah penggunaan mesin RO. Dalam proses pembuatan obat, mesin RO berguna untuk melakukan demineralisasi atau penyaringan zat mineral dalam air.

5. Sebagai Desalinasi Air Laut dan Air Payau

Manfaat penggunaan mesin RO dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah untuk desalinasi air laut dan air payau. Desalinasi adalah proses menghilangkan kandungan garam yang berlebih dalam air. Dengan demikian, air bisa dikonsumsi untuk tumbuhan, hewan, dan bahkan manusia. Seperti yang diketahui, air laut dan air payau mengandung kadar garam tinggi.

Kadar garam tinggi dapat menyebabkan dehidrasi apabila dikonsumsi langsung. Padahal, beberapa daerah pesisir sering mengalami krisis air layak konsumsi. Sebagai jalan keluarnya, mesin RO bisa digunakan untuk mengatasinya. Namun, untuk menyaring air laut memerlukan mesin SWRO atau Sea Water Reverse Osmosis. Mesin ini bisa menghasilkan air tawar yang layak konsumsi.

Demikian manfaat penggunaan mesin RO dalam kehidupan sehari-hari. Konsumsi air bermutu tinggi kapanpun dan dimanapun tanpa khawatir lagi. Kini sudah banyak perusahaan penyedia jasa water treatment yang bisa memberikan solusi untuk kualitas air minum yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment