5 Hal Yang Harus Kita Ketahui Tentang Kehidupan Setelah SMA

High school seniors! Nggak berasa ya masa-masa SMA tiba-tiba lewat gitu aja? Setelah ujian akhir tinggal beberapa bulan lagi, kita bakal lulus dan harus siap-siap berpisah sama sekolah, guru, dan temen-temen yang udah nemenin kita selama tiga tahun terakhir. And you know whatLife after high school will be totally different! Tapi nggak usah takut kok karena tiap orang pasti bakal ngelewatin tahap kehidupan ini. Biar nggak kaget, Gogirl! mau ngasih bocoran nih tentang apa aja yang bakal kita hadapi setelah lulus SMA nanti. Siap-siap guys!

 

1. KITA BAKAL KANGEN MASA-MASA INI

Bener banget lho kata orang-orang kalo SMA adalah masa-masa terindah dalam hidup. Mungkin sekarang kita ngerasa capek dengan persiapan ujian yang bener-bener nguras tenaga dan pikiran, kita juga udah muak dengan drama yang nggak abis-abisnya terjadi selama tiga tahun belakangan. Tapi percaya deh, nantinya kita bakal kangen banget masa-masa ini. Kita bakal kangen hal-hal bodoh yang kita lakuin bareng sahabat, kangen gimana deg-degannya naksir sama kakak kelas, dan kangen sama diri sendiri yang masih polos banget ini hi hi.. makannya, nikmati deh guys sisa waktu kita yang udah nggak lama lagi ini. Di sela-sela persiapan ujian, coba buat habisin lebih banyak waktu bareng temen-temen. Treasure the final momenst because someday we will want them back.

 

2. NGEJAGA PERSAHABATAN BUTUH USAHA

Siapa yang sekarang positif banget kalo kita dan sahabat-sahabat SMA bakal jadi best friends forever alias sahabat selamanya? Well, sorry to break the news, tapi nyatanya mempertahankan persahabatan setelah ini bakal butuh lebih banyak usaha guys. Janjian buat jalan bareng tiap weekend mungkin nggak bakal segampang dulu karena setelah beda kampus, kota, atau bahkan negara, kita pasti punya agenda masing-masing yang mungkin banget nggak cocok satu sama lain. Beberapa temen bahkan bisa aja ngilang gitu aja karena it’s true that friends will come and go. Jadi jangan kecewa kalo kita nggak bisa ngumpul sesering dulu, bahkan nggak bisa ngobrol di group chat serame dulu karena setiap orang udah punya kesibukannya sendiri-sendiri.

The good news is kita tetep bisa usaha buat mempertahankan persahabatan ini kok! Keep in touch dan buat janji dengan diri sendiri kalo sesibuk apapun, kita bakal tetep nyempetin diri buat ketemu sahabat-sahabat SMA kita beberapa kali dalam setahun –  terlepas dari berapa orang yang bisa ngumpul. Dijamin bakal amaze deh karena bahkan setelah sekian lama nggak ketemu, rasanya nggak ada yang berubah dari kita. Banyak juga kok yang masih sahabatan sama temen-temen SMA-nya bahkan sampe tua. Asal kita mau usaha aja guys.

 

3. KULIAH BEDA BANGET SAMA SEKOLAH

Prepare yourself karena kuliah bakal beda banget sama sekolah. Dari mulai sistem, suasana, sampe pergaulan, semua bakal jadi kayak dunia baru buat kita. Jangan kaget dengan kejutan-kejutan tak terduga yang bakal kita alami di masa-masa awal kuliah. Hal pertama yang mungkin bisa kita siapin dari sekarang adalah mempelajari apa-apa aja hal di kuliah yang nggak ada pas SMA.

 

4. NGGAK APA-APA KOK NGGAK LANGSUNG LANJUT KULIAH

Ini yang beberapa dari kita mungkin belum tau dan ngebuat kita ngerasa kecewa ketika nggak lolos SNMPTN , SBMPTN, bahkan ujian mandiri universitas-universitas negeri. Padahal nggak ada salahnya kok break dulu selama setahun sebelum mulai kuliah. Malah dengan istirahat sejenak, kita bakal punya lebih banyak waktu buat mikirin apa yang bener-bener kita inginkan. Kita bisa lebih mantap nentuin jurusan dan universitas tujuan kita, juga punya lebih banyak waktu buat mempersiapkan diri menghadapi ujian selanjutnya. Ya kan?

Banyak banget lho hal-hal yang bisa kita lakuin selama gap year ini. Kita bisa ngisi waktu dengan kegiatan-kegiatan produktif kayak les, volunteer, kerja freelance, dsb yang bisa jadi pengalaman tambahan buat kita. Atau kita mau nantang diri buat pergi liburan sendirian mumpung ada kesempatan? Well, boleh banget kalo orangtua ngijinin he he.. Satu hal yang harus kita inget adalah we’re not alone. Udah banyak banget kok senior yang mengalami hal serupa dan dengan masuk kuliah satu (atau bahkan dua) tahun lebih telat dari temen-temen lain, bukan berarti kita nggak sehebat mereka. Timing kita aja yang nggak sama.

 

5. KITA DITUNTUT BUAT LEBIH BERTANGGUNG JAWAB

Bener kok kata orang-orang kalo di saat kuliah kita bakal lebih bebas, tapi inget lho kalo bersama kebebasan tersebut kita juga dituntut buat lebih bertanggung jawab. Misalnya aja, kita emang lebih bebas buat bolos kuliah. Dosen nggak bakal nanyain kita kayak gimana wali kelas SMA nyari-nyari kita dulu, mama dan papa juga nggak bisa selalu ngigetin ketika kita tinggal terpisah dari mereka. Tapi kalo kita keseringan bolos sampe-sampe ngelewatin jatah absen yang ditentuin, kita bakal dengan mudah dinyatain nggak lulus dari mata kuliah tersebut. Makannya kita harus bisa ngatur jatah absen kita dan walaupun kesannya sepele, hal ini sering banget lho jadi masalah buat beberapa mahasiswa. Setelah lulus SMA, beban dan masalah yang kita hadapi juga bakal lebih banyak, termasuk ekspektasi orang-orang terhadap masa depan kita.

Leave a Comment